Sabtu, 01 November 2014

Gangguan sistem peredaran darah

Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin  dalam sel darah merah berada dibawah normal. Anemia ditandai oleh hematokrit (presentase eritrosit dalam volume darah) yang rendah. Jenis Anemia anatara lain :
  • Anemia pernisiosa yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh menyerap vitamin B12
  • Anemia Gizi karena kekurangan zat besi dalam makanan
  • Anemia Aplastik yang disebabkan oleh kegagalan sumsum tulang memproduksi sel darah merah
Hemofilia adalah kegagalan dalam proses pembekuan darah pada pembuluh darah yang cedera (darah sulit membeku). ini disebabkan oleh defisiensi faktor pembekuan darah.sekitar 80% disebabkan oleh kelainan genetik (penyakit keturunan)

Leukimia adalah gangguan produksi leukosit yang terlalu banyak.Leukimia terjadi pada semua umur terutama anak-anak. Pada Leukimia akut,kematian dapat terjadi dalam beberapa minggu. Pada Leukimia kronik pasien pasien dapat hidup beberapa tahun.

Trombus adalah gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah di tempat terjadnya kerusakan( misal setelah operasi).

Jantung koroner adalah tersumbatnya arteri koroner sehingga aliran darah yang mencapai sel-sel otot jantung hanya berjumlah sedikit. Jantung koroner dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok,makanan berkolestrol tinggi,kegemukan,diabetes melitus,penuaan,tekanan darah tinggimdam faktor keturunan.

Varises adalah pelebaran pembuluh darah Vena.Biasanya pada anggota tubuh bawah (misal betis).Varises disebakan oleh menurunnya elastisitas pembuluh vena(misal karena terlalu lama berdiri atau memakai sepatu berhak tinggi yang memaksa vena bekerja lebih berat).


Diatas adalah beberapa gangguan sistem peredaran darah,semoga membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar